Langsung ke konten utama

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap dengan Baking Soda

Bismillah,

Duh, bau banget ni dapur. Kulkas bau, talenan bau, rak penyimpanan bau pula. Ada bau ikan, daging, makanan basi, kue jadi campur aduk, nih. Cara ngilanginnya gimana ya? Pasti butuh bahan-bahan dan alat-alat mahal? 

Eh, ternyata nggak juga. Masalah umum ini bisa diatasi dengan satu bahan yang gampang dicari plus murah : Baking Soda. Mungkin teman-teman sudah pernah denger ya soal khasiat baking soda ini. Tak hanya dipakai sebagai pengembang kue, ternyata baking soda dapat digunakan untuk menghalau bau tak sedap. Seperti dikutip dari situs Detik Food, baking soda atau sodium bikarbonat bersifat amfoterik. Artinya, zat kimia ini mengandung molekul yang bisa bereaksi dengan molekul lain yang bersifat asam atau alkaline. Ketika makanan mulai berubah di kulkas, gas bau dan bersifat asam yang dikenal dengan hidrogen sulfida dan metana dilepas. Ion dalam baking soda menangkap molekul tersebut dan menetralkannya sehingga baunya tak begitu menyengat. 

Baking Soda, bahan pembersih murah dan mudah didapat
Dari situs www.marthastewart.com, ada beberapa perlengkapan dapur yang dapat dihilangkan baunya oleh baking soda. Jangan lupa gunakan sarung tangan khusus ya pas bersih-bersih.

1. Refrigerator
Baking soda tak hanya menghilangkan bau tak sedap, tapi juga bisa mencegah kontaminasi silang bau makanan dalam refrigerator. Simpan baking soda di wadah terbuka dan masukkan di refrigerator. Efektivitas baking soda sebagai penghilang bau tak sedap akan menurun setelah 30 hari.

2. Bak Cucian Piring
Seperti bak cucian piring Oma, fungsinya nggak melulu sebagai tempat nyuci piring, gelas maupun sendok. Terkadang bahan makanan mentah pun dicuci disini. Alhasil, mungkin saja bau tak sedap akan timbul. Untuk mengatasinya cukup taburkan baking soda secukupnya di bak cucian piring kemudian gosok dengan spons. Bilas dengan air hangat sampai bersih.

3. Talenan Kayu
Buatlah pasta dari campuran baking soda dan air. Gosok talenan dengan sikat khusus menggunakan pasta ini. Bilas dengan air hangat hingga bersih.

4. Panci
Ada kerak, minyak, dan bau membandel di panci? Tenang, percikkan baking soda dan air hangat hingga membentuk campuran pasta (pada bagian yang kotor). Diamkan paling lama 1 jam lalu gosok hingga bersih dengan bantuan spons. 

5. Rak-Rak Dapur
Kotoran yang menempel pada rak-rak dapur ataupun dishwasher bisa jadi biang keladi bau tak sedap. Membersihkan rak-rak dapur secara rutin bisa jadi solusi. Buatlah pasta dari baking soda dan air, celupkan sikat gigi kedalamnya, lalu gosok bagian-bagian celah-celah rak yang kotor. Bilas hingga bersih.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat 😊

Sumber :
https://www.marthastewart.com/1148842/ways-to-deodorize-kitchen?slide=3436612

https://food.detik.com/info-kuliner/d-2318054/hilangkan-bau-tak-sedap-di-kulkas-dengan-soda-kue

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cheesy Chicken Gratin dan Saucijs Brood Pesanan Dianing

Berawal dari posting foto Saucijs Brood di Facebook , Alhamdulillah tak disangka beberapa hari kemudian dapat order dari seorang teman kuliah. Pesanan masing-masing sebanyak 10 pcs . Tadinya mau dikirim ke rumah Dianing di Serang, Banten. Namun karena saya belum sanggup, akhirnya pesanan dititipkan ke suaminya di Kementerian Pertanian, Pasar Minggu. Terima kasih pesanannya ya, Ning. Semoga ngidam hamil putra keduanya bisa terobati dengan kedua snack ini ^_^

Rhum dalam Kue. Bolehkah?

Bismillah, Salah satu bahan yang sering digunakan dalam kue adalah perisa berupa rhum . Beberapa orang menyukai keharuman bahan ini dalam campuran custard , butter cream , atau pelembab cake.  Rhum sendiri berasal dari proses fermentasi dan destilasi molase atau air tebu yang kemudian mengalami proses pematangan didalam tong kayu.  Kadar alkohol pada rhum cukup tinggi, mulai dari 30% hingga 60%. Dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI  no 86/Menkes/Per/IV/77 , berdasarkan kadar alkoholnya (volume/volume) minuman beralkohol diklasifikasi menjadi 3 golongan, yaitu A, B, dan C. 1. Golongan A, minuman yang mengandung alkohol dengan kadar 1 - 5% 2. Golongan B, minuman yang mengandung alkohol dengan kadar 5 - 20% 3. Golongan C, minuman yang mengandung alkohol dengan kadar 20% hingga 55% Dengan melihat persentase alkohol yang cukup tinggi (Golongan C), cukup jelas bahwa rhum masuk dalam kategori khamr, minuman beralkohol yang sifatnya memabukkan. Khamr hukumnya haram. Dalam hadis

Saucijs Brood dan Klappertaart Pesanan Bu Dina

Assalamualaykum,, Alhamdulillah Sabtu kemarin dapat rezeki pesanan Saucijs Brood dan Klappertaart dari Ibu Dina. Dua kue ini rencananya akan disajikan untuk acara empat bulanan putri beliau di hari Minggu. Terima kasih pesanannya, Bu Dina ^^